slide
Rabu, 23 April 2014
Kurs
  • #USD - 0 IDR
  • #SGD - 0 IDR
  • #HKD - 0 IDR
Bekasi Hari Ini weather Mostly Cloudy
31 °C
Bekasi Besok weather Hujan besar
24-28 °C
fb tw tw
01/04/2013 15:00:02 WIB

KKP Kembangkan Ekonomi Kawasan Konservasi Perairan

gb

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bertekad mengembangkan ekonomi kelautan yang berwawasan lingkungan, dengan memanfaatkan kawasan konservasi perairan, demi mensejahterakan masyarakat yang berkelanjutan. 

"Kawasan konservasi perairan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti penelitian, pelatihan, pendidikan lingkungan, bisnis, pariwisata, pemberdayaan ekonomi masyarakat, maupun pemanfaatan jasa lingkungan lainnya dengan tidak melupakan fungsi konservasi yang sesungguhnya," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C Sutardjo saat membuka workshop internasional bertema 'Pemanfaatan Kawasan Konservasi Perairan Untuk Pengembangan Ekonomi Kelautan di Jakarta, Senin (1/4/2013).

Sharif mengatakan, sesuai peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2007 tentang konservasi sumberdaya ikan, kawasan konservasi perairan adalah kawasan perairan yang dilindungi, dikelola dengan sistem zonasi untuk mewujudkan pengelolaan sumberdaya ikan dan lingkungannya secara berkelanjutan.

"Kawasan konservasi perairan Indonesia hingga saat ini telah mencapai 15,78 juta hektar, dari target 20 juta hektar pada tahun 2020. Kawasan ini tentu sangat terbuka bagi pengembangan sektor-sektor bahari, perikanan berkelanjutan, bioteknologi dan biofarmakologi, selama implementasinya menggunakan prinsip-prinsip ekonomi biru," kata Sharif.

Menurut Sharif, pemanfaatan kawasan konservasi perikanan merupakan paradigma baru dalam pengembangan ekonomi kelautan dengan pendekatan prinsip Blue Economy. Beberapa alasan penting dalam penetapan kawasan konservasi perairan untuk pengembangan ekonomi kelautan diantaranya, perlunya perlindungan terhadap kelangsungan ekosistem pesisir laut dan pulau-pulau kecil dari berbagai ancaman baik dari alam maupun kegiatan manusia.

Perlindungan terhadap biota laut yang dilindungi dari ancaman kepunahan dan pengelolaan yang bertanggung jawab dapat menjaga kelestarian sumberdaya laut, dari eksploitasi yang berlebihan. "Dengan pendekatan prinsip ekonomi biru, kawasan perairan bisa dimanfaatkan bagi aktivitas ekonomi yang tepat, sesuai dengan fungsi kawasan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar," ujar Sharif.
 

Workshop internasional ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Sail Komodo 2013, yang puncak acaranya akan dilaksanakan pada 14 September 2013 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (sumber:inilah.com/ast), upload:ronz

KKP Kembangkan Ekonomi Kawasan Konservasi Perairan
slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

TERJEMAHKAN