slide
Senin, 24 November 2014
 
fb tw tw
06/10/2011 20:30:57 WIB

Yayasan Galuh, Yayasan Yang Peduli Dengan Nasib Orang Cacat Mental

gb

 Yayasan Galuh dikenal sebagai panti orang yang memiliki cacat mental di Kota Bekasi, yang merupakan tujuan Dinas Sosial Kota Bekasi, apabila ada penertiban orang yang memiliki cacat mental.


 Secara terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Drs. H. Alexander Zulkarnain, M.Si, mengunkapkan bahwa untuk biaya operasional makan untuk orang cacat mental tersebut, Dinas Sosial Kota Bekasi setiap tahunnya telah menganggarkan dari APBD Kota Bekasi, merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kota Bekasi terhadap penanganan penyandang masalah kecacatan mental dan juga sumbangan peduli dari masyarakat serta para donatur lainnya.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Galuh didirikan oleh Alm.Gendu Mulatip ( Meninggal pada tahun 2011, saat itu usianya 97 tahun). Ia tidak tega melihat seorang gila di arak oleh anak-anak di daerahnya yaitu Kampung Sepatan Sepanjang Jaya.   Ia kemudian membawa orang tersebut ke rumah untuk dirawat dan akhirnya bisa disembuhkan. Sejak saat itu Gendu mulai dikenal sebagai orang yang bisa mengobati penyakit mental dan satu persatu pasiennya mulai berdatangan hingga rumahnya tidak tertampung lagi.

Itulah awal mula berdirinya Yayasan Galuh, yang artinya “gagasan leluhur” sebuah panti rehabilitasi cacat mental yang bertujuan untuk memerdekakan manusia dari penyakit psikosomatis. Lokasi panti ini berada di daerah Rawa Lumbu, tepatnya di Kampung Sepatan Gg. Bambu Kuning, Sepanjang, Bekasi. Dulunya beralamat di Kampung Poncol Margahayu Bekasi, namun sejak tahun 2007 kemudian dipindahkan ke lokasi yang ditempati sekarang karena tanahnya akan digunakan sebagai gardu listrik oleh PLN.

Yayasan Galuh Saat ini menampung 279 orang pasien yang terdiri dari 178 lelaki termasuk empat orang anak2 dan sisanya perempuan. Yayasan dibantu oleh 60 orang staf, 15 di antaranya adalah mantan pasien, yang bekerja dengan sukarela" ujarnya.

Sumber :

amirelfadany85@yahoo.co.id

Operator SKPD Dinsos Kota Bekasi

 

 

Yayasan Galuh, Yayasan Yang Peduli Dengan Nasib Orang Cacat Mental
slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

TERJEMAHKAN




gmail sign inwww.gmail.comgmail sign ingmail logincreate gmail account