slide
Sabtu, 22 November 2014
 
fb tw tw
09/01/2012 21:45:31 WIB

BPBD Jabar: Ada 11 Wilayah Potensi Banjir & Longsor

gb

BANDUNG- Setelah menetapkan Jawa Barat dalam status siaga bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar merilis sejumlah daerah rawan bencana, terutama banjir dan longsor.


Kepala BPBD Jabar Udjwalprana Sigit mengatakan, daerah di Jabar yang sudah mengalami bencana banjir ada lima daerah yaitu Subang, Indramayu, Cirebon, Ciamis, dan Bandung.

"Saat ini daerah-daerah tersebut tentu masih berpotensi banjir, mengingat curah hujan di Jabar sangat tinggi," kata Sigit, di Bandung, Senin (9/1/2012).

Selain lima daerah tersebut, daerah lain yang berpotensi banjir adalah Karawang dan Bekasi. "Mengenai Cieunteung di Kabupaten Bandung itu menjadi acara rutin kami," tambahnya.

Sedangkan daerah yang berpotensi longsor adalah Kabupaten Bandung Barat, Cianjur, Tasikmalaya, dan Bogor. "Longsor yang sudah terjadi adalah Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Tasikmalaya, dan Ciamis," sebutnya.

Sementara ancaman bencana lainnya adalah puting beliung, namun bencana ini sulit dipetakan karena bisa terjadi di mana saja. "Puting beliung sulit diantisipasi, kejadiannya dalam sebulan bisa tiga sampai empat kali," ujarnya.

Dana yang disiapkan untuk status siaga darurat bencana yang berlaku sejak 3 Januari hingga 3 Mei 2012 itu sebesar Rp15 miliar. Total dana bencana untuk 2012 sebesar Rp75 miliar. 

Dana tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan bencana yang terjadi di kabupaten dan kota di Jabar. Alokasi dana rencananya untuk persiapan SDM, logistik, sarana dan prasarana darurat bencana.

Prosedurnya, jika terjadi bencana yang menangani pertama adalah pemerintah kabupaten/kota. Tetapi jika mereka tidak sanggup, BPBD Provinsi Jabar siap turun tangan.

"Dengan status siaga semua BPBD, Pemerintah Kota/Kabupaten harus siap menghadapi bencana," pungkasnya.
(kem)

Sumber : http://news.okezone.com

BPBD Jabar: Ada 11 Wilayah Potensi Banjir & Longsor
slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

TERJEMAHKAN




gmail sign inwww.gmail.comgmail sign ingmail logincreate gmail account