slide
Sabtu, 25 Oktober 2014
 
fb tw tw
15/10/2012 13:49:18 WIB

Melatih Keterampilan Menulis melalui Seni Teater

gb

Teater Korek Unisma Kota Bekasi resmi menetapkan 11 kelompok teater dari STLA se-kota dan Kabupaten Bekasi menjadi peserta dalam Festival Teater Pelajar yang berlangsung  pada Jumat-Minggu (19-21/10) di aula kampus setempat. Menariknya, masing-masing dari kelompok teater tersebut wajib membawakan naskah garapan sendiri.

Sastrawan yang sekaligus menjadi dewan juri, Irman Syah mengatakan, penulisan naskah asli ini sebenarnya turut melatih keterampilan anak muda dalam menulis karya sastra. Karya itu kemudian diapresiasi kelompok teater melalui pementasan drama. Jadi, selain menuntut keliaran imajinasi, penulis naskah juga harus memberi nafas atau karakter masing-masing tokoh cerita.

“Menulis naskah drama tentu saja tidak mudah. Penulis harus pandai menyusun sistematika berpikirnya. Plot tulisan pun mesti terangkai bagus-bagus.  Kalau asal menulis, sutradara bisa kesulitan mengatur pemainnya,” jelas Irman Syah.

Seperti diberitakan sebelumnya, Festival ini dinilai oleh tiga dewan juri profesional yaitu Irman Syah dari Komunitas Sastra Kalimalang, Tian dari Teater Ganta UNAS dan Heriyanto ST dari Teater Korek. Penghargaan akan diberikan untuk tiga kelompok teater terbaik, aktor terbaik, aktris terbaik dan penulis naskah terbaik. Mereka berhak mendapatkan piagam penghargaan,  uang pembinaan dan Piala Bergilir Rektor Unisma. 

11 kelompok teater yang akan membawakan naskah drama ialah: Teater Antic (SMK Citra Mutiara), Teater Cotec (SMKN 1 Cikarang Selatan), Rumah Teater (SMKN 11 Bekasi), Pesona Rumah Teater (SMK Global Persada), Teater Rumah Pohon (SMK-Al-Muslim), Teater Bina Bakat (SMAN 5 Tambun Selatan), Teater Pusatra  (SMK Pusaka Nusantara 2 Bekasi),  Teater Ketaua (SMK Karya Guna Bhakti), Teater Lumbung Padi (SMK Yayasan Pembangunan Pendidikan), Rumah Teater (SMK Bina Mandiri) dan Bengkel Seni Teater (SMK Bhakti Kartini).

“Kami memuat naskah terbaik di Halaman Sastra Kalimalang Radar Bekasi,” jelas Irman Syah. 
(sumber:bekasiraya.com/Respati Wasesa), upload:ronz 
 
Melatih Keterampilan Menulis melalui Seni Teater
slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

TERJEMAHKAN