slide
Selasa, 29 Juli 2014
Kurs
  • #USD - 0 IDR
  • #SGD - 0 IDR
  • #HKD - 0 IDR
Bekasi Hari Ini weather Mostly Cloudy
31 °C
Bekasi Besok weather Hujan besar
24-28 °C
fb tw tw

Tupoksi Dinas Perhubungan Kota Bekasi


TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BEKASI

Dinas Perhubungan Kota Bekasi berdasarkan Peraturan Walikota Bekasi Nomor 66 Tahun 2008 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja serta Rincian Tugas Jabatan pada Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Bekasi, bahwa unsur organisasi Dinas terdiri dari : 

1.            Pimpinan adalah Kepala Dinas;

2.            Pembantu Pimpinan adalah Sekretariat dan Sub Bagian;

3.            Pelaksana adalah Bidang, Seksi, UPTD dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Adapun tugas pokok dan fungsi masing-masing unsur tersebut berdasarkan Peraturan Walikota Bekasi Nomor 66 Tahun 2008 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja serta Rincian Tugas Jabatan pada Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Bekasi serta Peraturan Walikota Nomor 82Tahun 2008 tentang Tugas dan Fungsi serta Rincian Tugas Jabatan pada UPTD Kota Bekasi adalah sebagai berikut :
1.      Kepala Dinas 

Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Walikota dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang Perhubungan yang meliputi urusan teknik lalu lintas, angkutan, teknik prasarana dan sarana serta pos dan telekomunikasi.

2.            Sekretariat

            Sekretariat mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memimpin dan mengkoordinasikan penyelenggaraan pelayanan teknis administratif kegiatan dan ketatausahaan yang meliputi urusan Umum dan Perencanaan, Kepegawaian serta Keuangan.

3.      Bidang Teknik Lalu Lintas

Bidang Teknik Lalu Lintas mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi manajemen lalu lintas, rekayasa lalu lintas serta pengendalian dan keselamatan lalu lintas.

4.      Bidang Angkutan

       Bidang Angkutan mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahanan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi pengembangan transportasi, angkutan orang serta angkutan barang dan khusus.

5.      Bidang Teknik Prasarana dan Sarana

Bidang Teknik Prasarana dan Sarana mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi bina teknik perbengkelan, bina terminal serta bina perparkiran.

6.     Bidang Pos dan Telekomunikasi

Bidang Pos dan Telekomunikasi mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi pos, telekomunikasi serta sarana komunikasi dan diseminas informasi.

7.     UPTD Parkir

   UPTD Parkir mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan pelaksanaan operasional parkir.

8.            UPTD Terminal Bekasi

UPTD Terminal Bekasi mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas teknis Dinas di bidang penyiapan dan pengoperasian Terminal Bekasi.

9.            UPTD Terminal Kayuringin

UPTD Terminal Kayuringin mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas teknis Dinas di bidang penyiapan dan pengoperasian Terminal Kayuringin.

10.        UPTD Terminal Pondok Gede

UPTD Terminal Pondokgede mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas teknis Dinas di bidang penyiapan dan pengoperasian Terminal Pondokgede.

11.        UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor

UPTD Uji Kendaraan Bermotor mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas teknis Dinas di bidang penyelenggaraan pelayanan teknis pengujian kendaraan bermotor serta pemungutan retribusi pengujian kendaraan bermotor berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Adapun tugas pokok dan fungsi masing-masing unsur tersebut berdasarkan Peraturan Walikota Bekasi Nomor 66 Tahun 2008 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja serta Rincian Tugas Jabatan pada Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Bekasi serta Peraturan Walikota Nomor 82 Tahun 2008 tentang Tugas dan Fungsi serta Rincian Tugas Jabatan pada UPTD Kota Bekasi adalah sebagai berikut :

1.      Kepala Dinas 

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut Kepala Dinas mempunyai fungsi sebagai berikut:

a.       Perumusan dan penetapan rencana strategis dan rencana kerja Dinas sesuai dengan visi dan misi Daerah;

b.      Penetapan pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan urusan lingkup bidang

perhubungan;

c.       Pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas Sekretariat, Bidang-bidang, UPTD, dan Kelompok Jabatan Fungsional;

d.      Pembinaan administrasi perkantoran;

e.       Pemberian pelayanan dan pembinaan kepada unsur terkait di bidang perhubungan serta pelaksanaan hubungan kerja sama dengan SKPD, lembaga/instansi terkait dalam rangka penyelenggaraan kegiatan Dinas;

f.        Pembinaan dan pengembangan karir pegawai Dinas;

g.       Pelaksanaan tugas selaku Pengguna Anggaran/Pengguna Barang;

h.       Penyusunan dan penyampaian laporan keuangan Dinas sesuai ketentuan yang berlaku;

i.         Pemberian laporan pertanggungjawaban tugas Dinas kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah dan laporan kinerja Dinas sesuai ketentuan yang berlaku;

j.        Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Walikota.

2.      Sekretariat

Dalam menyelenggarakan tugas tersebut, Sekretariat mempunyai fungsi sebagai berikut :

a.       Pengkoordinasian penyusunan dan perumusan bersama kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis Dinas;

b.      Penyusunan bersama program kerja dan rencana kegiatan Dinas berdasarkan pada visi dan misi Dinas;

c.       Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan Sekretariat;

d.      Pengelolaan ketatausahaan perkantoran serta penelaahan dan pengkajian konsep naskah dinas dan produk hukum lingkup Dinas;

e.       Pembinaan dan pengendalian administrasi keuangan dan kepegawaian Dinas;

f.        Perumusan bahan rencana kebutuhan belanja langsung dan belanja tidak langsung serta bahan rencana kebutuhan, pemanfaatan dan pemeliharaan barang inventaris Dinas;

g.       Penyelenggaraan pelayanan kehumasan;

h.       Penyusunan pedoman petunjuk teknis kegiatan UPTD;

i.         Pengkoordinasian, pembinaan, dan pengendalian pelaksanaan tugas bawahan;

j.        Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah Kepala Dinas;

k.      Penyusunan bahan laporan pelaksanaan kegiatan Sekretariat dan kegiatan Dinas secara berkala.

3. Bidang Teknik Lalu Lintas

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Teknik Lalu Lintas mempunyai fungsi sebagai berikut :

1        Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan Bidang;

2       Perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup bidang tugasnya;

3        Pelaksanaan anggaran kegiatan Bidang selaku Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK );

4        Pelaksanaan tugas Bidang Teknik Lalu Lintas yang meliputi manajemen lalu lintas, rekayasa lalu lintas serta pengendalian dan keselamatan lalu lintas, yaitu :

1.      Fasilitasi penetapan kebijakan, pengawasan, pengkajian, pemberian rekomendasi dan pengendalian manajemen lalu lintas;

2.      Fasilitasi pelaksanaan evaluasi, pegawasan, pemeliharaan rekayasa lalu lintas serta perubahan fisik sarana dan prasarana sesuai hasil kajian manajemen lalu lintas;

3.      Fasilitasi pelaksanaan pembinaan, pengawasan, pengendalian dan keselamatan lalu lintas serta analisis kecelakaan lalu lintas.

e.       Pelaksanaan hubungan kerjasama pelaksanan tugas dengan SKPD terkait;

f.        Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan dalam lingkup tugasnya;

g.       Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah Kepala Dinas;

h.       Penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.

4.      Bidang Angkutan

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Angkutan mempunyai fungsi :

a.       Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan Bidang;

b.      Perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup bidang tugasnya;

c.       Pelaksanaan anggaran kegiatan Bidang selaku Pejabat Pembuat Komitmen   

d.      Pelaksanaan tugas Bidang Angkutan yang meliputi pengembangan transportasi, angkutan orang serta angkutan barang dan khusus, yaitu :

1.      Fasilitasi pelaksanaan pengembangan sistem transportasi angkutan penumpang umum dan barang;

2.      Fasilitasi penetapan kebijakan, pembinaan dan pemberian rekomendasi izin trayek angkutan orang;

3.      Fasilitasi koordinasi dan pemberian rekomendasi izin angkutan barang dan khusus.

e.       Pelaksanaan hubungan kerjasama pelaksanan tugas dengan SKPD terkait;

f.        Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan dalam lingkup tugasnya;

g.       Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah Kepala Dinas;

h.       Penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.

5.      Bidang Teknik Prasarana dan Sarana

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Teknik Prasarana dan Sarana mempunyai fungsi sebagai berikut :

a.             Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan Bidang;

b.            Perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup bidang tugasnya;

c.             Pelaksanaan anggaran kegiatan Bidang selaku Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK );

d.            Pelaksanaan tugas Bidang Teknik Prasarana dan Sarana yang meliputi bina teknik perbengkelan, bina terminal serta bina perparkiran, yaitu :

1.      Fasilitasi pelaksanaan pengadaan, rekomendasi pemberian izin, pemeliharaan

      sarana dan prasarana serta akreditasi dan sertifikasi uji berkala kendaraan        
        bermotor dan perbengkelan;

2.     Fasilitasi penetapan, pembinaan dan pemeliharaan serta pemberian rekomendasi izin terminal penumpang dan barang;

3.      Fasilitasi penetapan, pembinaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana serta pemberian rekomendasi izin perparkiran.

e.             Pelaksanaan hubungan kerjasama pelaksanan tugas dengan SKPD terkait;

f.              Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan dalam lingkup tugasnya;

g.             Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah Kepala Dinas;

h.             Penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.

6.      Bidang Pos dan Telekomunikasi

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Pos dan Telekomunikasi mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan Bidang;
  2. Perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup bidang tugasnya;
  3. Pelaksanaan anggaran kegiatan Bidang selaku Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK );
  4. Pelaksanaan tugas Bidang Pos dan Telekomunikasi yang meliputi pos, telekomunikasi serta sarana komunikasi dan diseminasi informasi,   yaitu :

1.      Fasilitasi pelaksanaan pelayanan, pemantauan dan evaluasi jasa perposan serta usaha jasa titipan;

                        2.      Fasilitasi pelaksanaan pengawasan dan pengendalian telekomunikasi; dan

                       3.      Fasilitasi pelaksanaan penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur serta evaluasi pada bidang penyiaran, pemberdayaan kelembagaan komunikasi sosial, hubungan kelembagaan komunikasi pemerintah, hubungan kelembagaan komunikasi pemerintah daerah, dan kemitraan media.

e.       Pelaksanaan hubungan kerjasama pelaksanan tugas dengan SKPD terkait;

f.        Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan dalam lingkup tugasnya;

g.       Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah Kepala Dinas;

h.       Penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.

7.      UPTD Parkir

Untuk melaksanakan tugas tersebut, UPTD Parkir mempunyai fungsi sebagai berikut :

a.       Penyusunan program dan rencana kegiatan UPTD;

b.      Pengawasan dan pengendalian tugas yang dilaksanakan bawahan;

c.       Penyelenggaraan administrasi perkantoran;

d.      Pembinaan petugas operasional pada unit kerjanya;

e.       Pemberian pelayanan terhadap masyarakat di bidang tugasnya;

f.        Pendistribusian tugas-tugas kepada bawahan menurut prinsip-prinsip manajemen;

g.       Fasilitasi pelaksanaan pengendalian, pengawasan, pemungutan dan penyetoran hasil retribusi serta tertib perparkiran;

h.      Pelaksanaan anggaran kegiatan Bidang selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan            ( PPTK );

i.         Pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan tugas UPTD;

j.        Pelaksanaan hubungan kerjasama dengan lembaga non Pemerintah berdasarkan ketentuan yang berlaku;

k.      Pelaksanaan koordinasi dengan unsur perangkat Daerah terkait dalam rangka penyelenggaraan kegiatan UPTD;

l.         Pelaksanaan koordinasi dengan Kecamatan dalam rangka penyelenggaraan kegiatan UPTD;

m.     Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas;

n.       Pemberian laporan pertanggungjawaban tugas UPTD kepada Kepala Dinas, secara administratif melalui Sekretaris dan secara teknis operasional kepada Kepala Bidang sesuai dengan lingkup tugasnya.

8.      UPTD Terminal Bekasi

Untuk melaksanakan tugas tersebut, UPTD Terminal Bekasi mempunyai fungsi :

a.       Penyusunan program dan rencana kegiatan UPTD;

b.      Pengawasan dan pengendalian tugas yang dilaksanakan bawahan;

c.       Penyelenggaraan administrasi perkantoran;

d.      Pembinaan petugas operasional pada unit kerjanya;

Tupoksi Dinas Perhubungan Kota Bekasi
slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

TERJEMAHKAN