slide
Kamis, 24 Juli 2014
Kurs
  • #USD - 0 IDR
  • #SGD - 0 IDR
  • #HKD - 0 IDR
Bekasi Hari Ini weather Mostly Cloudy
31 °C
Bekasi Besok weather Hujan besar
24-28 °C
fb tw tw

Posdaya


Posdaya adalah ide brilian yang sudah lama dicetuskan oleh Bapak Prof. Dr. Haryono Suyono, MA., Ph.D (pimpinan Yayasan Damandiri dan DNIKS) dan sudah banyak dipakai oleh negara-negara lain, namun di tempat asalnya baru beberapa tempat saja yang melaksanakan. Posdaya adalah pemberdayaan dengan basic keluarga, diharapkan keluarga-keluarga mampu turut berpartisipasi mengentaskan kemiskinan keluarga-keluarga yang tidak mampu yang ada dilingkungannya secara “bottom up program”, dan yang menjadi spiritnya adalah azas gotong royong sebagai milik bangsa yang sekarang dirasakan mulai memudar. Kedudukan pengurus Posdaya sediri nantinya sebagai motivator, penggerak, dan fasilitator terhadap semua pemberdayaan keluarga yang dilaksanakan.

Ada 8 (delapan) fungsi pemberdayaan yang menjadi konsep pergerakan posdaya yakni keagamaan, kebudayaan, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan hidup. Kedelapan fungsi tersebut adalah selaras dengan  visi dan misi Kota Bekasi yang Cerdas, Sehat dan Ihsan. Cerdas bermakna meningkatnya kapasitas kelembagaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian pembangunan. Sehat bermakna meningkatnya kapasitas kelembagaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam mempromosikan hidup sehat, memelihara sanitasi lingkungan, Ihsan bermakna meningkatnya kapasitas kelembagaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan kerukunan hidup beragama.

Posdaya adalah forum silaturahmi, advokasi, komunikasi, informasi, edukasi dan sekaligus bisa dikembangkan menjadi wadah koordinasi kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu. Dalam hal-hal tertentu bisa juga menjadi wadah pelayanan keluarga terpadu , yaitu pelayanan pengembangan keluarga  secara berkelanjutan, dalam berbagai bidang, utamanya agama, pendidikan, kesehatan, wirausaha dan lingkungan hidup, sehingga keluarga secara harmonis bisa tumbuh mandiri di Kelurahannya.

            Program melalui kegiatan Advokasi harus bisa meyakinkan para pejabat formal dan fungsional serta para pemimpin non formal untuk membantu mengisi dan meningkatkan dinamika pembangunan melalui kerjasama dengan seluruh unsur yang tergabung dalam Posdaya. Dengan dukungan dan partisipasi para pemimpin tersebut proses  pemberdayaan pembangunan  ditawarkan melalui Posdaya berupa program-program yang mendukung penyegaran hidup gotong-royong, mampu memberikan tambahan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan.

POSDAYA, bukan dimaksudkan untuk mengganti pelayanan sosial ekonomi  kepada masyarakat berupa  pelayanan terpadu diberbagai bidang seperti: Posyandu, BKB, PAUD, UPPKS, pelayanan BLT, pelayanan beras murah, atau pelayanan pembangunan lainnya. Posdaya dibangun sebagai forum untuk mengembangkan kegiatan pemberdayaan terpadu yang dinamis, yaitu pemberdayaan pembangunan untuk seluruh anggota keluarga yang dipadukan dengan saling terkait. Tujuannya adalah agar pimpinan keluarga mengetahui peran dan fungsinya yang lengkap sebagai satu kesatuan keluarga yang utuh. Akhirnya setiap keluarga dan anggotanya bisa saling mengingatkan untuk melakukan pemberdayaan seluruh anggota keluarga secara mandiri.

          Terpadu berarti dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pembinaan dan evaluasi program melibatkan berbagai petugas atau sukarelawan secara terkoordinasi, serasi dan dinamis, yaitu antara petugas pemerintah, organisasi sosial, dan unsur-unsur masyarakat. Posdaya dikembangkan secara bertahap, mulai dari yang bersifat sederhana dengan kegiatan terbatas sampai akhirnya bersifat paripurna tergantung dari dukungan masyarakatnya. Posdaya paripurna merupakan forum pemberdayaan yang bervariasi, dimana sebagian besar pengelolaan dan pembiayaannya dikelola dan berasal dari anggota masyarakat.

MAKSUD

  1. Wahana bersama untuk memberdayakan Keluarga dan anggotanya dalam menambah wawasan, pengetahuan, ketrampilan serta berkembangnya fungsi-fungsi keluarga dalam kehidupan.
  2. Optimalisasi infra struktur, kegiatan, dan potensi yang telah tersedia untuk penunjang kelangsungan kegiatan yang ada.
  3. Mengkoordinasikan potensi, kegiatan yang mempunyai sasaran yang sama sehingga akumulasi yang terjadi akan mampu meningkatkan aksesibilitas keluarga.

TUJUAN

  1. Menggerakkan semua potensi yang ada di wilayah secara optimal untuk menunjang  terwujudnya pemenuhan kebutuhan masyarakat
  2. Memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan potensi diri dan keluarganya dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian
  3. Mengembangkan potensi wilayah dalam rangka untuk memajukan kesejahteraannya terutama di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi .

Sasaran kegiatan yang dituju adalah terselenggaranya upaya bersama agar setiap keluarga mempunyai  kemampuan mempunyai MDGs, pengembangan fungsi keluarga tersebut diarahkan kepada lima prioritas sasaran utama, yaitu komitmen para pimpinan dan sesepuh tingkat desa dan pendukuhan, kecamatan dan kabupaten, pengembangan fungsi keagamaan, fungsi KB dan kesehatan, fungsi pendidikan, fungsi kewirausahaan dan fungsi lingkungan hidup yang memberi makna terhadap kehidupan keluarga yang bahagia dan sejahtera.

            Dengan demikian POSDAYA sebagai wahana untuk membantu pemberdayaan keluarga yang memungkinkan setiap keluarga  bisa saling belajar dari keluarga lain, atau dari narasumber yang didatangkan secara khusus ke posdaya. Melalui pemberdayaan diharapkan setiap keluarga menjadi subjek. i

Jenis pemberdayaan melalui :

1.         Pemberdayaan Fungsi Keagamaan dan Budi Pekerti

2.        Pemberdayaan Fungsi KB dan Kesehatan

3.        Pemberdayaan Fungsi Pendidikan

4.        Pendidikan Fungsi Kewirausahaan

5.        Pemberdayaan Lingkungan Hidup dan Keluarga Bergizi

Posdaya
slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

TERJEMAHKAN