slide
Minggu, 24 Agustus 2014
Kurs
  • #USD - 0 IDR
  • #SGD - 0 IDR
  • #HKD - 0 IDR
Bekasi Hari Ini weather Mostly Cloudy
31 °C
Bekasi Besok weather Hujan besar
24-28 °C
fb tw tw

Tugas dan Fungsi Dinas Tata Kota


Dinas Tata Kota Kota Bekasi berdasarkan Peraturan Walikota Bekasi Nomor 41 Tahun 2010, mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam pengkoordinasian kebijakan pelayanan daerah di bidang perencanaan tata ruang, pengendalian pemanfaatan lahan, penatagunaan lahan serta penataan bangunan. Tugas pokok dan fungsi dari masing-masing unit kerja adalah sebagai berikut:

  1. Kepala Dinas

Tugas Pokok:

Membantu walikota dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelanggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang Tata Kota yang meliputi urusan perencanaan tata ruang, pengendalian pemanfaatan lahan, penatagunaan lahan serta penataan bangunan.

 

Fungsi:

1.      Perumusan dan penetapan rencana strategis dan rencana kerja Dinas sesuai dengan visi dan misi Daerah

2.      Penetapan pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan urusan lingkup bidang Tata Kota

3.      Pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas Sekretariat, Bidang-bidang dan Kelompok Jabatan Fungsional

4.      Pembinaan administrasi perkantoran

5.      Pemberian pelayanan dan pembinaan kepada unsur terkait di Bidang Tata Kota serta pelaksanaan hubungan kerja sama dengan SKPD, lembaga/instansi terkait dalam rangka penyelenggaraan kegiatan Dinas

6.      Pembinaan dan pengembangan karir pegawai Dinas

7.      Pelaksanaan tugas selaku Pengguna Anggaran/Pengguna Barang

8.      Penyusunan dan penyampaian laporan keuangan Dinas sesuai ketentuan yang berlaku

9.      Pemberian laporan pertanggungjawaban tugas Dinas kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah dan laporan kinerja Dinas sesuai ketentuan yang berlaku

10.  Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Walikota

 

 2.      Sekretariat

Tugas Pokok:

Membantu Kepala Dinas dalam memimpin dan mengkoordinasikan penyelenggaraan pelayanan teknis administratif kegiatan dan ketatausahaan yang meliputi urusan Umum dan Perencanaan, Kepegawaian, serta Keuangan

 

Fungsi:

1.    Pengkoordinasian, penyusunan dan perumusan bersama kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis Dinas

2.      Penyusunan bersama program kerja dan rencana kegiatan Dinas berdasarkan pada visi dan misi Dinas

3.      Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan Sekretariat

4.      Pengelolaan ketatausahaan perkantoran serta penelaahan dan pengkajian konsep naskah dinas dan produk hukum lingkup Dinas

5.      Pembinaan dan pengendalian administrasi keuangan dan kepegawaian Dinas

6.      Perumusan bahan rencana kebutuhan, pemanfaatan dan pemeliharaan barang inventaris Dinas

7.      Penyelenggaraan pelayanan kehumasan

8.      Pengkoordinasian, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas bawahan

9.      Pelaksanaan tugas kegiatan lainnya sesuai perintah Kepala Dinas

10.  Penyusunan bahan laporan pelaksanaan kegiatan Sekretariat dan kegiatan Dinas secara berkala

 

a.      Sub Bagian Umum dan Perencanaan

 

Tugas Pokok:

Sub Bagian Umum dan Perencanaan mempunyai tugas membantu Sekretaris Dinas dalam melaksanakan pelayanan tata usaha, rumah tangga serta pendataan rencana program dan kegiatan

Fungsi:

1.  Penyusunan program dan rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Perencanaan

2.         Pelaksanaan pelayanan tata usaha

                             3.      penyusunan rencana kebutuhan, pengadaan dan pendistribusian barang perlengkapan Dinas

4.      Pemeliharaan, pengendalian dan pemanfaatan barang inventaris Dinas

5.      Pengolahan data, pengarsipan dokumen dan urusan administrasi Dinas

                                 6.                       Penyelenggaraan tata laksana, pemeliharaan kebersihan, keindahan dan kenyamanan ruangan perkantoran Dinas

  7.      Penyiapan data bahan penyusunan rencana program dan kegiatan Dinas

                          8.      Penyiapan data hasil pelaksanaan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan Dinas

                               9.      Penyusunan data bahan pedoman dan petunjuk teknis perencanaan program dan kegiatan Dinas

10.  Penyusunan bahan evaluasi dan pelaporan kegiatan

      

b.      Sub Bagian Kepegawaian

 

      Tugas Pokok:

Sub Bagian Kepegawaian mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris Dinas dalam melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian lingkup Dinas.

 

Fungsi:

1.      Penyusunan rencana kegiatan Sub Bagian Kepegawaian;

2.      Penyiapan bahan usulan di bidang kepegawaian

3.      Pengolahan dan penataan arsip kepegawaian

4.      Penyusunan data kepegawaian

5.      Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas

  

c.       Sub Bagian Keuangan

 Tugas Pokok:

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas membantu Sekretaris Dinas dalam melaksanakan penatausahaan keuangan, akuntansi serta verifikasi pembukuan keuangan lingkup Dinas

 

Fungsi:

1.      Penyusunan program dan rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan

2.      Pelaksanaan pelayanan penatausahaan keuangan

3.      Pelaksanaan tugas selaku PPK-SKPD

4.      Penyusunan bahan rencana kebutuhan anggaran tahunan Dinas

5.      Penyusunan anggaran belanja tidak langsung dan anggaran belanja langsung Dinas

6.      pengolahan data keuangan unit kerja di lingkungan Dinas

7.      Penyusunan bahan evaluasi dan pelaporan kegiatan

 

3.      Bidang Perencanaan Tata Ruang


Tugas Pokok:

Membantu Kepala Dinas melaksanakan dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi survey pengolahan data dan pemetaan, perencanaan infrastruktur kota serta perencanaan wilayah dan arsitektur kota.

 

Fungsi:

1.      Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan bidang

2.      Perumusan kebijakan, petunjuk teknis, serta rencana strategis sesuai lingkup bidang tugasnya.

3.      Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi pengolahan data dan pemetaan, planologi kota serta perencanaan ruang infrastruktur kota, yaitu :

a.       Fasilitasi pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan dan pemeliharaan data primer dan sekunder serta pemetaan hasil survei dan analisa.

b.      Fasilitasi pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, dan penganalisaan serta pemeliharaan data rencana dan rancangan penataan ruang sesuai dengan planologi kota

c.       Fasilitasi pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan, dan penyuluhan, serta pemeliharaan data rencana dan rancangan pengembangan infrastruktur kota.

4.      Pelaksanaan hubungan kerjasama pelaksanaan tugas dengan SKPD terkait

5.      Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan dalam lingkup tugasnya

6.      Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah kepala Dinas

7.      Penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas kepada kepala Dinas

 

a.      Seksi Pengolahan Data dan Pemetaan

 

Tugas Pokok :

Membantu bidang melaksanakan kebijakan teknis dan kegiatan pengolahan data dan pemetaan.

 Fungsi :

1.      Penyusunan program dan rencana kegiatan seksi

2.      Penyiapan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup tugasnya

3. Fasilitasi pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan dan pemeliharaan data primer dan sekunder serta pemetaan hasil survei dan analisa

4.      Penyiapan bahan pembinaan teknis dan evaluasi kegiatan

5.      Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada kepala bidang

 

b.      Seksi Perencanaan Infrastruktur Kota

 

Tugas Pokok :    

Membantu bidang melaksanakan kebijakan teknis dan kegiatan perencanaan infrastruktur kota.

 Fungsi

1.      Penyusunan program dan rencana kegiatan seksi

2.      Penyiapan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup tugasnya

3.      Fasilitasi pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan dan pemeliharaan data rencana dan rancangan penataan ruang sesuai dengan perencanaan infrastruktur kota

4.      Penyiapan bahan pembinaan teknis dan evaluasi kegiatan

5.      Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang

 

c.        Seksi Perencanaan Wilayah dan Arsitektur Kota

 

Tugas Pokok :

Membantu kepala bidang melaksanakan kebijakan teknis dan kegiatan  Perencanaan Wilayah dan Arsitektur Kota.

 

Fungsi :

1.      Penyusunan program dan rencana kegiatan seksi

2.      Penyiapan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup tugasnya

3.      Fasilitasi pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan dan penyuluhan serta pemeliharaan data rencana dan rancangan wilayah dan arsitektur kota

4.      Penyiapan bahan pembinaan teknis dan evaluasi kegiatan

5.      Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang

 

4.      Bidang Pengendalian Pemanfaatan Lahan

 Tugas Pokok:

Membantu Kepala Dinas dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelengaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi pengendalian pemanfaatan lahan perumahan dan permukiman, pengendalian pemanfaatan lahan non perumahan dan permukiman serta pengukuran dan pemetaan lahan

 

Fungsi:

1.      Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan bidang

2.      Perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup bidang tugasnya

3.      Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi pengendalian pemanfaatan lahan perumahan dan permukiman, pengendalian pemanfaatan lahan non perumahan dan permukiman serta pengukuran dan pemetaan lahan, yaitu :

·         Fasilitasi pelaksanaan pelayanan, penyuluhan, pengendalian dan pemanfaatan lahan perumahan dan permukiman

·         Fasilitasi pelaksanaan pelayanan, pengelolaan, penelitian dan pengendalian serta pemanfaatan lahan non  perumahan dan permukiman

·         Fasilitasi pelaksanaan pelayanan, pengelolaan, penelitian dan pengendalian hasil ukur dan pemetaan lahan  

4.      Pelaksanaan hubungan kerjasama pelaksanaan tugas dengan SKPD terkait

5.      Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan dalam lingkup tugasnya

6.      Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah Kepala Dinas

7.      Penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

 

a.       Seksi Pengendalian Pemanfataan Lahan Perumahan dan Permukiman

 Tugas Pokok :

Membantu bidang melaksanakan kebijakan teknis dan kegiatan pengendalian pemanfaatan lahan perumahan dan permukiman

 

Fungsi :

1.      Penyusunan program dan rencana kegiatan seksi

2.      Penyiapan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup tugasnya

3.      Fasilitasi pelaksanaan pelayanan, penyuluhan, pengendalian dan pemanfaatan lahan perumahan dan permukiman

4.      Penyiapan bahan pembinaan teknis dan evaluasi kegiatan

5.      Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang

 

b.  Seksi Pengendalian Pemanfaatan Lahan Non Perumahan dan Permukiman

 

Tugas Pokok :

Membantu Bidang melaksanakan kebijakan teknis dan kegiatan pengendalian pemanfaatan lahan non perumahan dan permukiman


Fungsi :

1.      Penyusunan program dan rencana kegiatan seksi

2.      Penyiapan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup tugasnya

3.      Fasilitasi pelaksanaan pelayanan, pengelolaan, penertiban dan pengendalian serta pemanfaatan lahan non perumahan dan permukiman

4.      Penyiapan bahan pembinaan teknis dan evaluasi kegiatan

5.      Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada kepala bidang

 

c.  Seksi Pengukuran dan Pemetaan Lahan

Tugas Pokok :

Membantu Bidang melaksanakan kebijakan teknis dan kegiatan pengukuran dan pemetaan lahan

 

Fungsi :

1.      Penyusunan program dan rencana kegiatan seksi

2.      Penyiapan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup tugasnya

3.      Fasilitasi pelaksanaan pelayanan, pengelolaan, penertiban dan pengendalian hasil ukur dan pemetaan lahan

4.      Penyiapan bahan pembinaan teknis dan evaluasi kegiatan

5.      Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang

 

5.      Bidang Penatagunaan Lahan

 Tugas Pokok :

Membantu Kepala Dinas dalam memimpin, mengendalikan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi penataan lahan terbangun, penataan sarana dan prasarana serta analisa guna lahan

Fungsi :

1.      Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan bidang

2.      Perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup bidang tugasnya

3.      Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan

Tugas dan Fungsi Dinas Tata Kota
slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

slide

TERJEMAHKAN