Wakil Wali Kota Menerima Kunker Rombongan Kemenkeu RI


Peserta Program Internship & Secondman Kementrian Keuangan RI melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka implementasi Mall Pelayanan Publik di ruang rapat Bappeda, Selasa (2/7/2019)

Ketua rombongan sekaligus Analis Keuangan Pusat dari Kemenkeu, Ari Gemini Pandimito menjelaskan bahwa
Program Internship & secondman bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah di dalam pengelolaan keuangan daerah

Program yg terdiri dari 28 peserta berasal dari 25 daerah dari seluruh Indonesia dimulai dari bulan Juni hingga Juli sedang melakukan Bench Action plan untuk 6 bulan kedepan

"Kedatangan kami dari Kemenkeu RI bertujuan untuk melihat daerah-daerah yg dinilai cukup sukses sekaligus ingin mengetahui bagaimana manajemen aset yg dilakukan di Kota Bekasi karena daerah lain sedang mengalami temuan BPK bersumber dari manajemen aset," ujarnya

"Pada kegiatan ini juga kami ingin memberi ilmu pengetahuan kepada para peserta dengan melakukan visit trip yakni melihat Mall Pelayanan Publik dalam membangun perekonomian masyarakat," tambahnya

Dirinya mengakui saat ini Mall Pelayanan Publik sedang tren di masyarakat karena berhasil menggabungkan hiburan dengan pelayanan sehingga masyarakat yang jenuh menunggu bisa sambil berkeliling

Sebelum menutup sambutan, Ari berharap dengan adanya kunker ini para peserta kedepannya bisa membuat gambaran menyeluruh tentang action plan selama 6 bulan kedepan dan dilaksanakan di masing-masing daerah untuk dilaporkan ke Kemenkeu pusat

Selanjutnya, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto memberikan sambutan selamat datang kepada rombongan bersama Kepala Bappeda Dinar, Sekretaris DPMPTSP Herbert, Kabid. BPKAD Imam Mahdi, dan Kasubag Humas Rosmala Sulastri

Pada sambutannya, Tri mengatakan selamat datang di Kota Bekasi dan merasa bangga karena dinilai oleh Kemenkeu berhasil dalam meningkatkan perekonomian masyarakat

"Saat ini, Pemerintah Kota Bekasi memang sudah tidak boleh main-main dalam melayani masyarakatnya sebanyak 2.9 juta jiwa karena mereka berhak untuk menuntut lebih kepada kami terutama dengan banyaknya pembangunan yg bersifat masif bersamaan seperti Tol Becakayu, LRT, Tol Jampek II, dan Kereta api cepat JKT - Bdg," jelas Tri 

Menurut Tri , Mall Pelayanan Publik merupakan salah satu kreatifitas dalam peningkatan pelayanan publik meskipun 
Aturan pusat hanya memperbolehkan 1 nama Mall Pelayanan Publik, akhirnya kami mengambil inisiatif memberikan nama lain yaitu Gerai Pelayanan Publik / Warung Pelayanan Publik 

"Mall Pelayanan Publik di Kota Bekasi berkomitmen memberikan pelayanan sampai jam 21.00 hingga Sabtu masih buka melakukan pelayanan, karena kami menyadari banyaknya warga yang bekerja di ibu kota, pelayanan ini dikhususkan kepada mereka untuk datang dan mengurus sendiri apa yg menjadi keperluan mereka," ungkap Tri

Selain itu, Tri juga membeberkan pelayanan lain yang diberikan oleh Pemkot Bekasi adalah KS-NIK yaitu program pelayanan kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat Kota Bekasi dan Bus Transpatriot yg sedang direncanakan kedepannya.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama, dan tukar menukar cinderamata antara Pemerintah Kota Bekasi dengan peserta internship Kementrian Keuangan RI. (dro)

Alamat

Jl. Jendral Ahmad Yani No. 1 Gd Perkantoran Lt Dasar, Bekasi
email : info@bekasikota.go.id
Tlf : (021) 88961767 Fax : 88959980/88960250